Solusi Tantangan Industri Kreatif! Program Studi Digital Media Communication Hadir di Binus University

Ilustrasi laptop mahasiswa
Sumber :
  • Freepik

Digital – Di tengah derasnya arus informasi dan cepatnya perkembangan teknologi, industri kreatif menghadapi tantangan besar. Kemampuan storytelling yang kuat kini menjadi kunci untuk membedakan diri di era digital, baik bagi individu maupun brand. 

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, kini sudah hadir program studi Digital Media Communication (DMC) di perguruan tinggi sebagai jawaban atas dinamika komunikasi modern. Program ini dirancang agar mahasiswa mampu memahami strategi komunikasi digital, menciptakan konten relevan, dan beradaptasi dengan berbagai platform yang terus berevolusi.

Salah satu kampus yang menghadirkan program ini adalah BINUS University, yang resmi meluncurkan DMC di BINUS @Kemanggisan Anggrek Campus. Perkenalan program ini dilakukan melalui acara Studium Generale bertajuk “Where Stories Meet Experiences: Building Impact in a Connected World”. Acara tersebut dihadiri siswa SMA, Binusian, pelaku industri kreatif, hingga media, sekaligus menjadi ruang diskusi tentang transformasi media digital dan pentingnya storytelling di era terkoneksi.

“Program Digital Media Communication hadir sebagai respon atas perubahan besar dalam cara kita berkomunikasi, menciptakan konten, dan menjalin interaksi. Melalui program ini, kami ingin mencetak lulusan yang tidak hanya kreatif secara teknis, tapi juga memiliki pemahaman mendalam tentang strategi komunikasi digital,” jelas Muslikhin, Head of Program Digital Media Communication BINUS University pada Sabtu, 26 Juli 2025. 

Sebagai pembicara utama, Uni Lubis, Editor in Chief IDN Media, menegaskan pentingnya konten yang relevan.

“Di era ketika semua orang bisa jadi pembuat konten, kuncinya adalah bagaimana konten itu bisa relevan dan menyentuh emosi. Storytelling yang kuat bukan hanya soal teknis produksi, tetapi tentang kepekaan membaca audiens dan konteks sosial.”

Menjawab Dinamika Industri Digital