Bukan Sekadar Insting, Ini Jurus Ampuh bikin Brand Lokal Melejit

Ilustrasi brand.
Sumber :
  • Vecteezy

Digital, VIVA – Perusahaan data dan konsultan Kantar menggelar forum strategis Insight-Driven Growth 2025, yang fokus pada upaya mempertajam strategi dan daya saing brand lokal melalui pemanfaatan data dan wawasan konsumen.

4 Warna HP Paling Digemari di Dunia, Ini Alasannya!

Forum ini hadir berlandaskan temuan dari riset terbaru Kantar, dan semangat mendorong pertumbuhan berkelanjutan untuk brand-brand lokal.

Temuan tersebut mencakup hasil pembelajaran selama 20 tahun dari studi BrandZ, di mana insight tersebut menjadi pijakan penting dalam memahami perubahan nilai konsumen Indonesia dan strategi apa yang perlu dijalankan agar brand tetap relevan.

Mirip Film Sci-Fi, Skolla Pakai AI untuk Bantu Pelajar

Melalui pendekatan berbasis keuangan dan persepsi konsumen, BrandZ mendorong brand lokal untuk menjadi lebih bermakna (meaningful), berbeda (different), dan mudah diingat (salient), menjadikannya acuan penting dalam membangun brand yang kuat dan berkelanjutan di pasar Indonesia, di mana tahun ini total nilai gabungan 50 brand teratas mencapai lebih dari US$84 miliar.

“Saat ini brand perlu membangun koneksi yang lebih dekat dengan konsumennya, dan ini perlu dilakukan dengan mengandalkan insight, bukan hanya sekadar insting saja. Kami melihat potensi besar bagi brand lokal Indonesia untuk tidak hanya unggul di dalam negeri, tapi juga bisa berkembang pesat di tingkat regional, selama brand tersebut mengacu kuat pada apa yang benar-benar dicari dan dibutuhkan oleh konsumen,” kata Cheong Tai Leung, CEO Kantar Insights Asia Pasifik.

Smartwatch AMOLED Murah Fitur Sultan, Haylou Watch 4S Siap Saingi Jam Tangan Pintar Mahal

“Wawasan yang kuat membuka jalan bagi keputusan yang lebih tepat dan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan bagi perusahaan dan brand lokal. Menurut kami, ini saatnya brand lokal membangun kepercayaan diri untuk bisa melangkah lebih jauh,” tutur Nadya Ardianti, Managing Director Kantar Insights Indonesia.