Teknologi Rahasia XLSmart Siap Ubah Masa Depan Digital Indonesia

Direktur XLSmart Andrijanto Muljono.
Sumber :
  • Dok. XLSmart

Digital, VIVA - PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk, melalui lini usaha XLSmart for Business, menegaskan komitmen untuk memperluas kolaborasi lintas sektor, bertukar insight strategis, dan mendorong adopsi teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), internet of things (IoT), cloud, serta keamanan siber.

Menurut Director and Chief Enterprise Strategic Relation Officer XLSmart, Andrijanto Muljono, kunci transformasi digital ada pada ekosistem, yaitu pemerintah, industri, akademia, dan komunitas.

Untuk itu, XLSmart for Business memperkenalkan Enterprise Smart Technology and Automation (ESTA) yang merupakan platform digital terpadu yang memungkinkan berbagai sektor industri menjalankan operasional mereka secara efisien, aman, dan terukur.

"ESTA hadir sebagai bentuk komitmen kami dalam menyediakan solusi digital yang adaptif dan modular, menjawab kebutuhan transformasi di berbagai sektor strategis seperti sektor keuangan dan ritel, sumber daya alam, manufaktur, transportasi dan logistik, serta layanan publik dan kesehatan dengan solusi unggulan yang tidak dimiliki kompetitor lain," kata Andrijanto, Kamis, 4 September 2025.

Dengan jaringan yang lebih luas, kapasitas yang lebih besar, dan strategi multi-brand, XLSmart siap memperkuat posisinya sebagai motor transformasi digital Indonesia.

Hingga akhir kuartal II 2025, total jumlah pelanggan XLSmart meningkat mencapai 82,6 juta, dengan ARPU campuran (blended) tetap di kisaran Rp36 ribu.

Pencapaian jumlah pelanggan serta ARPU campuran sejumlah tersebut merupakan hasil konsolidasi pascamerger yang sudah selesai dilakukan.

Di kuartal kedua ini pula menjadi momentum untuk mendorong percepatan adopsi digital dalam interaksi dengan pelanggan untuk penyediaan dan pembelian produk layanan XL, AXIS, dan Smartfren.

Ketiga aplikasi tersebut terus menunjukkan tren pertumbuhan pengguna yang signifikan. Tercatat lebih dari 41,4 juta pelanggan yang aktif menggunakan MyXL, AXISNet dan mySmartfren, dengan pertumbuhan Monthly Active User (MAU) mencapai 29 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Tingkat penggunaan MyXL, AXISNet dan mySmartfren menunjukkan semakin meningkatnya pengalaman pelanggan dan monetisasi oleh XLSmart melalui pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan.