88 Persen Orang Indonesia Lakukan Ini di WhatsApp Tiap Minggu, Kamu Salah Satunya?
- AI/Gemini
Digital, VIVA - Dalam acara tahunan WhatsApp Business Summit ketiga yang digelar di Jakarta, Selasa, 12 Agustus 2025, WhatsApp kembali mengumumkan inovasinya untuk mendukung bisnis di Indonesia melalui rangkaian alat perpesanan yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menciptakan hasil bisnis yang lebih optimal, hingga masa depan berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).
“Sebanyak 88 persen masyarakat Indonesia kini mengirimkan pesan kepada bisnis setiap minggunya, ini menempatkan Indonesia pada posisi terdepan secara global dalam hal komunikasi bisnis melalui pesan. WhatsApp terus menghadirkan berbagai fitur baru guna membantu bisnis di berbagai skala, sekaligus memberikan pengalaman yang personal dan tepat waktu bagi pelanggan,” kata Country Director Meta Indonesia, Pieter Lydian Sutiono.
Peningkatan fitur panggilan dan suara
Pieter menjelaskan, masyarakat Indonesia senang berinteraksi dengan bisnis melalui pesan, namun ada kalanya dukungan terbaik hanya bisa didapatkan melalui pembicaraan langsung.
Oleh karena itu, kini bisnis yang menggunakan platform WhatsApp Business dapat menerima panggilan atau menghubungi pelanggan setelah mendapatkan izin terlebih dahulu.
Fitur ini memberikan alternatif komunikasi yang lebih efisien dan lancar dibandingkan saluran layanan pelanggan biasa. Ke depannya, pelanggan juga akan dapat mengirim dan menerima pesan suara, serta melakukan panggilan video dengan bisnis melalui WhatsApp Business.
Alat kinerja yang lebih efisien