Perlindungan Seumur Hidup untuk Kelas Menengah

Produk Arunika.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Digital, VIVA - BRI Life resmi meluncurkan 'Arunika', produk asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance) yang dihadirkan untuk memberikan perlindungan finansial kepada pemegang polis seumur hidup.

Inovasi Ini bikin Kompetitor Waswas

Direktur Utama BRI Life Aris Hartanto menyebut Arunika dihadirkan sebagai salah satu produk asuransi kelas menengah yang pasarnya belum tersentuh dan masih terbuka lebar.

Produk ini juga dirancang sebagai solusi perlindungan jiwa yang komprehensif, sekaligus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan segmen masyarakat kelas menengah di Indonesia.

7 Laptop Kelas Menengah ke Bawah Terbaik 2025: Performa Mumpuni, Harga Pas di Kantong

Arunika menawarkan 4 manfaat komprehensif dan fleksibel dengan premi terjangkau antara lain 100% Uang Pertanggungan apabila Tertanggung meninggal dunia alami (bukan akibat kecelakaan), dengan nilai Uang Pertanggungan mulai dari Rp200 juta.

Jika meninggal dunia akibat kecelakaan (sampai dengan usia 70 tahun) akan mendapat tambahan 100% Uang Pertanggungan (maksimal Rp1 miliar).

Kinerja Positif Industri Ini Ditopang Inovasi dan Transformasi Digital

Manfaat selanjutnya, yakni Manfaat Akhir Asuransi, di mana jika Tertanggung hidup hingga akhir Masa Asuransi (usia 99 tahun) maka akan dibayarkan Manfaat sebesar 100% Uang Pertanggungan.

Terakhir, apabila Pemegang Polis mengajukan pengunduran diri atau tidak dapat melanjutkan kewajiban pembayaran premi, maka BRI Life akan membayarkan nilai tunai yang tersedia sesuai dengan ketentuan berlaku.

Menurut Aris, pertumbuhan sektor asuransi jiwa di masa depan masih terbuka lebar, didukung oleh kesadaran masyarakat yang meningkat terhadap keamanan finansial, khususnya di kelas menengah serta kebijakan pemerintah yang mendukung promosi asuransi jiwa, menjadi pendorong positif bagi pertumbuhan industri ini.

Selain itu, dukungan sinergi grup BRI sangat berperan terhadap pertumbuhan laju bisnis BRI Life.

Saat ini, BRI memiliki 150 juta nasabah, sementara yang baru tergarap menjadi nasabah BRI Life baru sekitar 21 juta nasabah.

Produk yang baru dipasarkan sejak 15 Juli 2025 telah meraup APE atau Setara Premi Tahunan senilai Rp14 miliar dan penetrasi pasarnya sudah sesuai target, yakni kota besar di Indonesia.

"Pendapatan APE terbesar saat ini di kota Jakarta dan Makassar, sehingga membuat BRI Life optimistis terhadap penetrasi pasar Arunika ke depannya," ungkap Aris.