Meracik Peluang dari Dapur

Shinpo.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Digital, VIVA - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke-80 RI (Republik Indonesia), brand houseware dan furnitur plastik lokal yang diproduksi PT Sahabat Intim Plasindo, Shinpo, menggelar demo masak sekaligus berbagi wawasan tentang mengolah bahan makanan, penyimpanan yang aman serta menjaga nutrisi agar tetap seimbang.

Demo masak yang dihadiri 20 influencer perempuan itu bagian dari dukungan terhadap pemberdayaan perempuan dan pertumbuhan UMKM, khususnya kuliner.

"Kehadiran kami tidak hanya menghibur, tapi juga mengedukasi dan memberi bekal nyata bagi mereka yang ingin memulai atau mengembangkan usaha kuliner dari rumah," kata Livia Halim, Manajer Pemasaran PT Sahabat Intim Plasindo, di Jakarta, Minggu, 10 Agustus 2025.

Shinpo juga menggandeng Chef Angie, finalis Top 8 MasterChef Indonesia sekaligus food scientist dan pelaku usaha kuliner, untuk mendemonstrasikan dua resep hidangan khas bertema kemerdekaan, yaitu Nasi Uduk Merah Putih dan Bugis Mandi Merah Putih.

Kedua menu ini dipilih karena sarat nilai budaya, menggunakan bahan yang terjangkau, memiliki cita rasa yang digemari masyarakat, mudah dibuat, dan memiliki potensi nilai jual tinggi bagi pelaku usaha makanan rumahan.

"Kami ingin menjadi wadah untuk menambah wawasan seputar ilmu pangan dan nutrisi, teknik pengolahan yang efisien, penyimpanan bahan makanan yang aman, hingga tips memulai usaha kuliner skala kecil dengan efisiensi dan kualitas yang tetap terjaga," jelas Livia.

Ia juga menegaskan bahwa rumah dan dapur bukan hanya ruang domestik, tetapi bisa menjadi titik awal pemberdayaan dan kemandirian ekonomi perempuan. "Kami mengajak perempuan Indonesia untuk bangga menggunakan produk buatan lokal, serta memberi mereka inspirasi dan dukungan agar bisa berdaya dan mandiri secara ekonomi," tuturnya.