AI, Gen Z, dan Gaya Hidup Konsumtif: Tiga Riset Mahasiswa Ini bikin Juri Telkomsel Angkat Topi

Telkomsel luncurkan paket Simpati kuota internet tidak hangus
Sumber :
  • Telkomsel

Digital, VIVATelkomsel, melalui platform survei digital tSurvey dan brand serba digital by U, resmi mengumumkan tiga pemenang Kompetisi Riset Nasional 2025.

Teknologi AI Makin Gila! Deepfake Murah Meriah cuma Rp400 Ribuan, Bisa Tiru Wajah dan Suara Kamu

Kompetisi yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) ini berhasil menjaring 495 pendaftar dari mahasiswa Strata-1 (S1) di seluruh Indonesia, menandai antusiasme tinggi generasi muda terhadap riset berbasis data.

Kompetisi ini dirancang secara strategis untuk mencapai beberapa tujuan utama:

Sinyal Telkomsel Menyebar Luas di MotoGP Mandalika

- Mendukung penguatan kapasitas riset akademik yang kredibel.

- Membudayakan praktik riset yang baik dan benar melalui pelatihan, pemanfaatan tSurvey sebagai platform pendukung riset akademik, serta diskusi hasil riset melalui presentasi di hadapan dewan juri profesional.

Waspada! Google AI Overviews Ternyata Sering Salah Informasi

- Mendorong lahirnya ide inovatif berbasis data di kalangan mahasiswa dengan topik yang relevan bagi masyarakat.

"Kompetisi ini menegaskan komitmen kami lewat tSurvey untuk mendukung mahasiswa menghasilkan riset berbasis data yang akurat dan berdampak. Antusiasme ratusan peserta yang mendaftar menunjukkan potensi besar talenta muda Indonesia dalam membangun ekosistem riset digital di Indonesia," kata Vice President Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang.

Kompetisi Riset Nasional 2025 by tSurvey dan by U menerapkan proses seleksi yang ketat dan berjenjang sejak dibuka pada Mei 2025.

Dari ratusan pendaftar, terpilih 100 peserta terbaik yang berhak mengikuti pelatihan eksklusif "Riset Kuantitatif dengan Online Survey".

Dari 100 peserta, disaring kembali menjadi 10 finalis yang mempresentasikan hasil riset mereka di hadapan dewan juri profesional di bidangnya, yaitu Marvin Mahadarma (Head of tSurvey), Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D (Perwakilan Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi), dan Reza Felix Citra (Litbang Kompas).

Setelah melalui penilaian yang mencakup kedalaman analisis, kejelasan metodologi, orisinalitas, dan potensi dampak bagi masyarakat, dewan juri menetapkan tiga penelitian terbaik sebagai pemenang:

Juara 1 – Lukman Al Rasyid, Robincar Tua Tambunan, dan Dzikri Tsabit Imani (Institut Teknologi Bandung), mendapatkan uang tunai Rp20 Juta dan e-sertifikat.

Judul Penelitian: “Implementasi Model Persamaan Struktur untuk Mengetahui Pengaruh Iklan. Layanan Publik Berbasis Artificial Intelligence (AI) oleh Institusi Pemerintah terhadap Persepsi Masyarakat Indonesia.”

Juara 2 – Anisa Eka Febrianti, Aveny Raisa Maarif, dan Jihan Afifah Rizki Nabila (Universitas Airlangga), mendapat uang tunai Rp15 Juta dan e-sertifikat.

Judul Penelitian: “Pengaruh Persepsi Risiko Generative AI dan Upaya Adaptabilitas terhadap Kepuasan Finansial Pekerja Gig Digital Artist.”

Juara 3 – Muhammad Feryansyah (Universitas Asahan), mendapat uang tunai Rp 10 Juta dan e-sertifikat.

Judul penelitian: “Beli Sekarang Bayar Nanti Vs Menabung Sekarang Beli Nanti; Dampak Perilaku Konsumtif pada Gen Z.”

Selain hadiah utama, ketiga pemenang juga memperoleh kesempatan magang di Telkomsel, voucher by U, dan poin tSurvey.

Sementara tujuh finalis lainnya masing-masing mendapatkan uang tunai senilai Rp500 ribu, e-sertifikat, dan voucher by U senilai Rp240 ribu.

Tidak hanya itu, 100 peserta terpilih juga memperoleh tSurvey Points senilai Rp7,5 juta dan akses Kompas.id Digital Premium selama 1 bulan.