Cara Blibli Lindungi Pengguna dari Zonk Belanja Online
- Dok. Blibli
Digital, VIVA - Belanja online seringkali seperti membuka kotak kejutan. Kadang sesuai harapan, kadang justru bikin geleng kepala.
Seperti beberapa waktu lalu cukup menjadi perbincangan di X (dulu Twitter), ketika seorang pengguna mengaku membeli smartphone atau ponsel pintar, namun saat tiba di tangan justru sebotol serum wajah.
Cuitan dari akun @noturhusband tersebut meledak dan dilihat oleh 6,2 juta orang dengan lebih dari 43.700 likes dan 4.000 repost, sekaligus membuka kembali obrolan lama, seberapa amankah sebenarnya berbelanja di e-commerce?
Faktanya, keresahan ini punya dasar nyata. Data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menunjukkan bahwa dalam lima tahun terakhir, aduan konsumen terhadap e-commerce selalu masuk daftar sepuluh besar.
Pada 2024, jumlahnya mencapai 144 aduan, dengan hampir sepertiga di antaranya terkait barang tidak sesuai.
Artinya, kejadian smartphone berubah jadi serum hanyalah satu dari sekian banyak kisah yang membuat konsumen semakin waspada.
Di tengah situasi ini, tak hanya berbekal promo, e-commerce dengan kode emiten BELI, Blibli memilih jalan berbeda.